Skip to content

Ingin Memasang PLTS untuk Rumah? Perhatikan Hal Ini

  • by

Siapa nih yang tertarik memasang PLTS untuk rumah? Jika memang iya, maka anda perlu untuk tahu sejumlah hal yang berkaitan dengan pemasangan PLTS. Tujuannya agar pemasangan PLTS atap bisa membawa manfaat lebih maksimal. Akan tetapi, perhatikan hal penting kali ini. 

Lokasi Tempat Tinggal

Sebelum meminta bantuan pemasangan, maka Anda perlu memastikan terlebih dahulu tentang lokasi rumah. Dengan mengetahui lokasi rumah, lebih mudah mengetahui daya radiasi matahari ketika pemasangan PLTS atap sudah berhasil dilakukan nantinya. 

Jika anda berada pada kota yang berada di bawah garis khatulistiwa, maka pemasangan panel surya disarankan untuk menghadap ke utara. Hal ini berlaku sebaliknya, jika lokasi rumah berada di atas garis khatulistiwa, maka panel surya bisa dihadapkan ke selatan. 

Kondisi dan Tipe Atap Rumah

Tipe atap rumah pastinya akan sangat berpengaruh pada struktur jenis penyangga panel surya. Kebanyakan rumah di Indonesia pastinya menggunakan genteng keramik, sehingga bagian dari penyangganya mudah dipasang tanpa harus mengubah struktur terlebih dahulu. 

Selain tipe atap, anda juga harus memperhatikan masalah luas atap rumahnya. Jika kondisi atap rusak, maka akan menghambat proses pemasangan. Kemiringan atapnya juga perlu diperhatikan untuk memastikan panel surya bisa menangkap sinar matahari secara lebih efisien. 

Perhatikan Arah Atapnya

Saat memasang PLTS untuk rumah, anda perlu memperhatikan masalah arah atap agar sistem listrik bisa bekerja secara maksimal. Di Indonesia sendiri khususnya untuk lokasi Pulau Jawa, pemilik rumah disarankan memasang sistem PLTS atap ke arah utara agar lebih aman.

Ke arah utara maksudnya berhadapan dengan garis khatulistiwa, sehingga atap bisa menerima dan mengkonversi sinar matahari secara lebih optimal. Penggunaan atap panel surya juga dapat berjalan lama tanpa mengganggu elemen lainnya yang digunakan pemilik rumah. 

Daya Listrik Rumah

Berdasarkan peraturan yang diperoleh dari PLN, anda tidak diperbolehkan untuk memasang sistem listrik yang kapasitasnya bisa melebihi PLTS atap. Dengan mengetahui daya listrik di rumah, maka pemiliknya lebih mudah membantu sistem PLTS paling tepat. 

Anda juga akan dimudahkan dalam menghitung biaya investasi untuk kebutuhan PLTS atap. Biasanya rata-rata penggunaan daya PLN untuk rumah yang ada di Indonesia sekitar 1300 VA sampai dengan 2200 VA. 

Perhatikan Masalah Installer dan Penyedia PLTS Atap

Dalam proses pemasangan PLTS atap, maka anda perlu mencari jasa penyedia atau kontraktor atap yang sudah terpercaya. Tanyakan terlebih dahulu mengenai akreditasi yang didapatkan dari Dewan Praktisi Energi Bersertifikat Amerika Utara atau NABCEP. 

Pilihlah penyedia PLTS atap yang bertahan dalam jangka waktu panjang. Walaupun masih membutuhkan perawatan, namun anda masih bisa berjaga-jaga saat mengalami kerusakan.  Saat memasang PLTS untuk rumah, pastikan juga harganya masih terjangkau dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *