Skip to content

Syarat Pemasangan Sel Tenaga Surya Untuk Rumah

  • by

Syarat pasang tenaga surya untuk rumah ada 2 pokok yakni syarat administrasi dan teknis bangunan. Keduanya mungkin dianggap ribet untuk sebagian orang tetapi jika melihat dari manfaat jangka panjangnya tentu Anda akan berpikir ulang. Solar panel menjadikan semua alat elektronik bekerja dengan baik dari sumber terkaya dan tiada habisnya yakni cahaya matahari yang diubah ke bentuk listrik. 

Syarat pasang sel tenaga surya untuk rumah

Syarat administrasi 

  1. Isilah data Form Photovoltaic permohonan penggantian KWH Meter Exim
  2. Salinan KTP, NPWP pemohon
  3. Sertifikat layak operasi (SLO )
  4. Gambaran diagram skema perkabelan
  5. Data khusus solar pv module dan Inverter akan diaplikasikan
  6. Sedia biaya penggantian kwh exim sesuai daftaran PLN. 

Syarat teknis bangunan  

  1. Anda harus mengukur kekuatan rangka atap dengan sel solar module array. Jika solar selnya makin besar maka bobotnya juga makin besar. Di sisi lain Anda juga harus mengukur tekanan angin tercepat dan terbesar untuk diperhitungkan agar saat ada angin besar tidak membuat sel solar lepas. 
  2. Posisi tenaga surya untuk rumah langsung di bagian strategis sinar matahari, terbebas bayangan pohon, gedung, atau lainnya. Kendala terburuk ketika pasang solar sel adalah cuaca mendung, dan musim hujan. Suplai cahaya akan menjadi turun sehingga kekuatan listriknya akan berkurang dari sebelumnya. 
  3. Sudut kemiringan solar sel bertujuan meminimalisir hingga mencegah adanya genangan air guna membersihkan diri saat ada debu. Ketika ada hujan turun kemudian debunya akan tersiram secara sempurna. Besarnya sudut kemiringan antara 8 – 20 derajat di permukaan sel solar posisi utara/selatan dengan garis khatulistiwa.

Bagi Anda yang ingin memasang tenaga surya untuk rumah untuk rumah bisa dilengkapi semua syarat di atas, perlunya berkonsultasi dengan pihak PLN dan teknis jasa pasang agar semua berjalan lancar. Solar panel yang telah dipasang akan diujikan bersama dengan alat elektronik lainnya selama waktu tertentu. Saat tidak ada kendala barulah pemilik rumah bisa dilepaskan tanpa pantauan. 

Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *