Skip to content

6 Hal Pokok Yang Harus Diperhatikan Saat Instalasi Panel Surya Untuk Rumah

  • by

Iklim di Indonesia saat ini tergolong tidak stabil karena bulan masuk kemarau menjadi bulan penghujan yang seharusnya tidak terjadi. Menyikapi hal itu, banyak pengguna usaha dan pribumi biasa berfikir untuk mengalihkan sumber listrik mereka menjadi sel surya demi menjaga kestabilan alam karena alam sudah mulai tak seimbang. 

Bagi Anda yang ingin berkontribusi memakai sel surya, ada 6 hal pokok yang harus diperhatikan saat Instalasi Panel Surya Untuk Rumah!

  1. Bahan instalasi panel surya untuk rumah 

Bahan yang paling banyak digunakan untuk sel surya adalah Monocrystalline dimana bahan tersebut sangat umum dan mempunyai tingkat efektifitas terbaik. Kendati demikian, Anda harus teliti lagi dalam memilih jasa pasang panel surya karena salah pasang bisa membuat tingkat energinya tidak maksimal. 

  1. Daya Listrik 

Muatan daya listrik rumah kisaran 4.400 watt, sehingga butuh pasang sel tenaga surya 1kWp – 4kWp dengan logika makin tinggi daya pada instalasi panel surya untuk rumah, maka makin tinggi nilai hematnya. 

  1. Ukuran dan Jenis Atap  

Jika Anda masih memakai kayu sebagai kerangka penopang atap, sebaiknya diganti dengan kerangka yang lebih kuat (baja ringan) agar tidak berpotensi ambruk cepat. Ukuran sel panel juga berpengaruh dengan harga dan kebutuhan, katakan saja daya 4000 Wp butuh luas atap sel solar 27 m2. 

  1. Shading 

Anda bisa memposisikan letak arah datangnya cahaya matahari. Apabila ada tAnda gedung, pohon tinggi, atau penghalang cahaya maka teknisi akan membuat lokasi penempatan yang lebih layak dan terdapat cadangan posisi ketika ada objek yang muncul di kemudian hari. 

  1. Hambatan beban listrik 

Rata-rata sinar muncul antara jam 9 pagi hingga 2 siang dimana dalam kurun waktu tersebut tegangan yang masuk tidak stabil. Butuh kontrol pengendalian (inverter) yang bisa diperhatikan. 

  1. Frekuensi sinaran

Sudut kecondongan instalasi panel surya untuk rumah 15 derajat untuk area jawa dan luar jawa ke arah utara. Ketika melebihi sudut tersebut dikhawatirkan sinar yang muncul akan kurang maksimal. Ketidakmaksimalan serapan cahaya matahari membuat sel solarnya akan mengalami penurunan fungsi energi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *