Skip to content

Mau Cetak Amplop Custom? Kenali Dahulu Jenis-Jenisnya!

  • by

Meski perkembangan internet semakin pesat dan kirim-mengirim pesan dapat dilakukan melalui e-mail, akan tetapi kebutuhan cetak amplop custom masih tinggi peminatnya dan dibutuhkan pada momen tertentu.

Tapi, apakah anda tahu amplop itu punya banyak jenisnya? Yuk, cari tahu serba serbi amplop berikut ini!

Sejarah Amplop

Amplop pertama kalinya diperkenalkan oleh bangsa Babilonia yang dibuat dari tanah liat, bukan kertas. Tentunya amplop tersebut belum bisa dilipat seperti sekarang, dengan isi pesan langsung tertuliskan pada permukaannya. 

Sementara itu, memasuki abad ke-15 kertas mulai dijadikan sebagai bahan pembuat amplop dan sering ditemukan di Eropa dan Amerika. Bentuknya pun belum beragam seperti sekarang, hanya kertas yang dilipat sederhana saja.

Ratusan tahun kemudian, mulailah berkembang model amplop terbaru dengan keempat ujungnya digabungkan dan dibekali perekat di bagian tengahnya. Desain ini diciptakan oleh William Mulready.

Bukan karena asal membuatnya, Mulready mendapatkan ide tersebut atas dorongan sayembara yang digaungkan oleh Ratu Victoria yang ingin mendobrak dunia surat menyurat dan pos. Berkat ide cemerlangnya, Mulready memenangkan 200 pound sterling.

Jenis-jenis Amplop

Ternyata amplop terbagi ke dalam tipe formal dan informal yang mana tidak hanya tersedia dalam satu jenis desain saja. Kira-kira apa sajakah jenis-jenis amplop yang ada di dunia?

  1. Amplop bisnis

Jenis satu ini adalah yang paling mudah dijumpai dan sering digunakan masyarakat untuk keperluan kirim-mengirim surat. Amplop ini umumnya panjang, polos, atau terdapat logo instansi.

  1. Amplop kartu

Tidak termasuk amplop formal/resmi, biasanya amplop ini digunakan untuk membungkus kartu ucapan hari raya, ulang tahun, dan lainnya. Amplop kartu biasanya tersedia dalam berbagai desain, ukuran, dan warna.

  1. Amplop pendek

Jika amplop bisnis punya ukuran panjang, di Indonesia juga populer amplop pendek yang biasa digunakan untuk memberi uang saat hadir ke hajatan, atau mengirimkan surat biasa.

  1. Amplop Map

Sifatnya resmi, jenis amplop berukuran F4 ini biasa diandalkan untuk kepentingan mengirim dokumen atau surat lamaran kerja. Amplop besar berwarna cokelat ini dilengkapi tali pengikat dan kancing.

Demikianlah sejarah dan jenis-jenis amplop untuk ide cetak amplop custom. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *