Skip to content

Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Baja Ringan Oleh Produsen Baja Ringan

  • by

Jika Anda benar-benar berpengalaman dalam dunia industri konstruksi, terlebih jika Anda adalah seorang produsen reng baja ringan, Anda mungkin sudah mengetahui apa itu baja ringan. Ini adalah aspek yang sangat penting untuk Anda pahami, terutama jika Anda ingin atau sedang bekerja di industri konstruksi.

Pengertian Baja Ringan di Dunia Konstruksi

Baja ringan merupakan material bangunan yang kini umum dipakai dalam penggunaan dan pembangunan konstruksi. Entah itu digunakan untuk membuat rumah, lahan parkir, pabrik, fasilitas penyimpanan, atau bangunan lain yang didirikan secara rutin.

Hampir semua jenis baja ringan terbuat dari paduan seng dan aluminium. Pada akhirnya, penggunaan dari baja ringan sangat umum, terutama dalam konteks kualitas. Saat ini, semakin banyak perusahaan baja ringan yang meningkatkan produksinya agar menjadi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Kelebihan Baja Ringan

Setelah Anda memahami apa yang dapat dilakukan reng baja ringan sebagai bahan konstruksi, Anda harus memahami manfaat saat ingin menggunakannya. Beberapa keunggulan dari bahan konstruksi yang satu ini adalah sebagai berikut:

  1. Ringan, Sangat Mudah Dipasang

Atap jenis ini memberikan beban yang sangat ringan dibanding jenis atap yang lain, yang mana hanya kisaran 9 kg per m2. Beratnya yang sangat ringan ini juga dapat membantu meringankan pekerja konstruksi dalam proses pemasangan rangka atap dengan cepat.

  1. Kokoh dan Tahan Lama

Meskipun bobotnya ringan, baja ringan memiliki keunggulan karena cukup kuat dan tahan lama. Faktanya, komponen konstruksi ini tidak akan berkarat dan dapat bertahan dalam cuaca buruk, sehingga dapat melindungi properti Anda sepenuhnya.

  1. Mudah untuk Membentuk dan Menyambung

Baja ringan dapat digunakan untuk menyesuaikan struktur atap. Hal ini disebabkan mudahnya reng baja ringan untuk dipotong dan dibentuk untuk memenuhi lekukan struktur atap yang diharapkan. Selain itu, dengan menggunakan komponen konektor baja, reng baja ringan dapat disambungkan ke banyak jenis atap.

  1. Daya Tarik

Jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, baja ringan menunjukkan kualitas fleksibilitas yang lebih tinggi. Tentunya daya adaptasi rangka atap sangat penting karena semakin besar tegangan tarik atap, semakin besar pula energi yang diserap.

Kekurangan Baja Ringan

  1. Mahal

Karena kualitasnya yang tinggi dan banyaknya keuntungan yang bisa didapat, atap yang menggunakan baja ringan terbilang mahal. Namun, penerapannya juga bergantung pada jenis atap yang Anda gunakan.

  1. Mudah Tertiup Angin

Karena sifatnya yang ringan, baja ringan mudah tertiup angin. Namun, ini tidak akan terjadi jika pengaturannya dilakukan dengan benar. Angin kencang dapat dengan mudah menerbangkan struktur atap rumah yang sedang dibangun karena mekanisme sambungan baja ringan yang hanya membutuhkan baut.

  1. Ada Kemungkinan Runtuh Jika Ceroboh

Atap baja ringan menggunakan kerangka berbentuk jaring untuk memberikan atap yang kokoh dan tahan lama. Jika tidak diperkirakan dengan baik, ini akan berbahaya. Kelalaian dalam perhitungan bangunan atap rumah dapat mengakibatkan kegagalan total yang menyebabkan atap runtuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *