Skip to content

Jangan Salah! Begini Cara Memilih Ice Machine yang Berkualitas

  • by

Seperti yang kita tahu bahwa ice machine memiliki fungsi untuk menghasilkan es yang bisa digunakan untuk menunjang bisnis kuliner. Selain itu, mesin tersebut juga kerap kali digunakan pada rumah tangga. Ada beberapa jenis ice machine, mulai dari kapasitas, merk, cara kerjanya, dan harganya. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah memilih ice machine untuk bisnis Anda ya.

Tips Memilih Ice Machine

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih ice machine untuk kebutuhan bisnis atau rumah tangga, antara lain:

  1. Daya Listrik

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan yaitu daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin es tersebut. Perlu Anda sesuaikan dengan ketersediaan kapasitas daya listrik yang ada di kios, cafe, rumah, dan lainnya.

  1. Kapasitas Ice Machine

Pertimbangan selanjutnya yaitu kapasitas mesinnya. Jumlah dari es batu yang bisa dihasilkan dari mesin tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau tidak. Hal ini penting untuk mengantisipasi Anda terlalu sering mengoperasikan ice machine karena ketersediaan es batu yang tidak memadai.

  1. Tingkat Kecepatannya

Selain kapasitas mesin es, tingkat kecepatan dari ice machine juga harus Anda perhatikan. Semakin cepat mesin tersebut dapat bekerja, maka akan semakin cepat juga Anda bisa menggunakannya.

  1. Sistem Pembekuan Ice Machine

Cari tahu terlebih dahulu tentang cara kerja mesin es tersebut. Ice machine biasanya ada yang menggunakan kompresor ataupun sistem mangkuk dan cara pembekuan lainnya. Kemudian apabila Anda ingin memilih mesin pembuat es, maka cek juga merek dan kualitasnya. Kondisi kompresor nantinya akan menentukan daya tahan ketahanan usia daya pakai mesin pembuat esnya.

  1. Cek Garansi

Umumnya, mesin pembuat es yang bagus dan berkualitas akan berani memberikan garansi kepada para pelanggannya. Oleh karena itu, sebelum memilih ice machine, lebih baik tanyakan terlebih dahulu apakah mereka memberikan garansi atau tidak.

  1. Cek Ketersediaan Spare Part dan Layanan After Salesnya

Setelah itu, cobalah untuk mempertimbangkan layanan after salesnya serta kemudahan dalam mencari suku cadang. Hal itu akan sangat penting ketika ice machine sedang mengalami kerusakan.

  1. Fitur Tambahan

Pertimbangkan pula tentang fitur tambahan yang ada di mesin es tersebut. Mulai dari fungsi pre cooling system atau sistem pendinginannya. Karena hal itu cukup penting untuk mesin pembuatan es, yakni supaya es akan tetap beku meskipun sudah melewati waktu lebih dari sehari.

  1. Pompa Udara

Di dalam mesin pembuatan es, hal ini memiliki fungsi untuk mempercepat kelancaran keluarnya es batu dari mesin. Air pump yang baik umumnya adalah jenis pompa dari diaphragm pump. 

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips dalam memilih ice machine yang perlu dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *